Harus Stand Up Comedy Sebelum Ngajar?

Gua pernah sekolah dan menjadi siswa. Gua juga pernah kuliah jadi mahasiswa, duduk dikursi dan dengerin dosen nyampain. Kalo praktek sih enak, teori kadang malesin, apalagi penyampainnya yang flat, ga ada emosinya, bawaannya pengen tidur, sekalian bawa bantal. Itu gua 😀

Nah, kali ini gua dapet kerjaan, lebih tepatnya menjadi seorang guru pengganti sementara, karena guru yang asli sedang cuti melahirkan jadi gue yang gantiin. Disini gue harus ngajar 2 matapelajaran produktif disalah satu sekolah di Tasikmalaya. Dan karena gue kalo ngomong (kadang dan harus) ada act out atau jokesnya, gue mutusin sebelum masuk ke materi harus Stand Up Comedy dulu :P. Ini kali pertama gue nulis materi untuk dikelas. Ya sebelumnya gue ga nulis, cuma bikin rencana lihat silabus dan spontan. Nah, karena ini adalah materi pemadatan alias yang terakhir, jadi pengen ada dokumentasi penulisan aja sih biar ada kenang-kenangannya kalo gue pernah belajar nulis materi stand up comedy (untuk siswa). Mungkin ini akan menjadi hari terakhir bersama para bibit-bibit orang sukses dikelas. Semoga apa yang gue sampaikan walaupun sebentar dan sedikit bisa bermanfaat 🙂

Oke kalo gitu, gue mau nulis dulu materinya. Dimulai dari…

Setup: Iklan musiman. Di indonesia ada iklan musiman yang sangat mudah sekali ditebak dan ini terjadi satu tahun sekali.

Punchline: Pas lihat langsung bilang “wah bentar lagi Puasa”. -_-

#

Setup: Tahu iklan apa? Iklan sirup. Setiap stasiun televisi ngiklanin sirup, minuman segar…

Punchline: promaag, kalo itu khusus buat anak kost.

#

Setup: Iklannya juga macem-macem…

Punchline: dibuat seri, 30 episode, udah kayak drama korea aja.

#

Setup: Episode 1 tayang, menceritakan awal masuk puasa diawali dengan teraweh bareng, ngajakin tetangga…

Punchline: (act out) sambil bawa smartphone selfie buat pamer di sosial media. Pake caption: “Ayo teraweh!”

#

Setup: pas udah bubar teraweh, para pemain berjejer dan bilang…

Punchline: makanlah promaag sebelum anda sahur kebablasan

#

Setup: Episode 2 juga sama, sampai akhirnya episode terakhir ngucapin selamat idul fitri bareng-bareng sama crew.

Punchline: ada tulisan dibawahnya, TAMAT. Lanjut minggu depan ke season 2.

#

Setup: Ya..sebelum menyambut bulan puasa, kalian dihadapkan dengan UAS…

Punchline: Ujian Arek Shaum. (basa sunda :P)

#

Setup: Gue mau curhat, pengalaman menyakitkan gue dulu waktu sekolah adalah saat UAS. Karena jangankan UAS, ulangan harianpun sama nyakitinnya.

Punchline: (act out) “eh minjem penghapus dong…” langsung temen gue teriak “BU HILMI NYONTEK!” kan kamvret!

#

Setup: …itu dulu pas SD SMP. Masih culun-culunnya. Tapi enggak berlaku pas SMK. Malahan mereka yang nyontek gue.

Punchline: gatau aja kalo jawaban gue ngarang semua. Mampus lo… sok PD aja.. Percaya Diri 😀

#

Setup: jadi pas nanti kalian mau UAS nih, penampilan rapih, wajah cerah ceria,

Punchline: (act out) asyikkk UAS asyiiikk UAS! ntar gue harus selfie sama soal

#

Setup: kerjakan soal dengan santai. Berdoa dulu…

Punchline: Doa makan… bukan bukan bukan!

#

Setup: PD aja…

Punchline: PD, Percaya Dia-yang akan bantu ngasih jawaban… itupun kalo ngasih… kalo ga tiba-tiba tuli… dibisikin gadenger diteriakin juga gadenger…

#

Setup: “nomer 7 jawabannya apa woy! woy denger ga lu!?”

Punchline: ternyata tuli beneran. Keluar cairan kuning dari telinganya…

#

Setup: kalian tahu gak? Teknik nyontek jaman dulu kalo lagi ujian tuh gimana? Nulis dikertas, penuh dengan pengertian-pengertian yang ada…

Punchline: “adalah”nya… nah yang ketawa ngalamin nih…

#

Setup: kalo matematika biasa bawa kalkulator…

Punchline: itupun minjem punya emaknya yang biasa dipake buat nge-bon langganannya

#

Setup: jaman dulu kalo nyontek ya gitu, nulis dikertas. Berbeda dengan sekarang, punya smartphone

Punchline: tanya google… google maps…

#

Setup: yang punya smartphone enak, bisa nyari di internet…

Punchline: itupun kalo punya kuota…

#

Setup: yang ga punya smartphone lebih pintar lagi… dan berani…

Punchline: tanya gurunya langsung… uji nyali…

Karena sekarang udah tengah malam, jadi sampai disini dulu, sisanya mau improv :D. Dari sini mulai masuk ke materi.

Gimana? Udah pengen muntah? 😀

Leave a Reply

