Hobi Yang Dibayar

Tidak ada cita-cita mencerdaskan anak bangsa, tidak ada cita-cita menjadi tukang bikin puisi. Hanya saja kedua hal itu menjadi hobi? Tanpa sadar, dengan kemampuan cetek(baca: sangat pemula), sering membantu rekan yang sedang kesulitan(dibidang IT). Tanpa sadar, sering menulis puisi yang bahkan tidak menghasilkan uang sepeserpun.

Suatu hari pernah bertanya, “apa hobi dan cita-cita itu sama?” banyak yang menjawab “Ya” ada juga yang menjawab sebaliknya. Seiring waktu, terjawab sudah pertanyaan itu.

Saya pemula didunia pendidikan. Saat ini kerja freelance sebagai instruktur kursus disalah satu kampus swasta di Tasikmalaya,  guru pengganti(sementara) disalah satu sekolah menengah kejuruan dan pengajar(sementara) disalah satu kampus swasta di Tasikmalaya.

Tak pernah terbayangkan dan tak pernah merencanakan untuk menjadi seorang pengajar, apakah ini yang akan saya tempuh? sampai kapan?

Saya mengutip kata-kata Kang Onno disetiap seminar-seminar, beliau sering mengucapkannya,

“Nilai seseorang tidak ditentukan oleh banyaknya harta. banyaknya kekayaan, pangkat dan jabatan. Tinggi gelar. Banyaknya ilmu juga ga efek. Tetapi, nilai seseorang  lebih ditentukan oleh berapa banyak orang yang memperoleh manfaat seseorang tersebut”.

Dua hari yang lalu saya mengunjungi kampus dulu pernah kuliah, tanpa sengaja ketemu dan diskusi dengan mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyusun skripsi. Tiba-tiba salah satu dosen datang dan bilang “Kamu harusnya bayar dia(saya), zul kamu jangan mau kalau gratis”. Apa reaksi saya saat itu? Senyum. Segala sesuatu ilmu yang saya punya, saya mampu, akan saya keluarkan, akan saya kasih, gratis. Dan itu menyenangkan 🙂

 

FYI: menulis puisi adalah menulis kode program untuk membangun sebuah aplikasi komputer. istilah lainnya adalah coding.

Published by

Hilmi

Rakyat Biasa

Leave a Reply

