Gw dan Raring… End.

Raring adalah sebuah codename dari versi Ubuntu 13.04. Entah faktor apa Raring ini sangat cocok dan nyaman banget dengan lepi yang saya gunakan. Sampai ga mau pakai versi yang baru yang lebih fresh. Padahal repository untuk Raring udah End, saya memaksakannya menggunakan repository versi terbaru. Gila kan? -___-

Hal yang tidak diinginkanpun terjadi. Suatu hari, lebih tepatnya 3 hari yang lalu Raring ku ini bertingkah aneh tidak seperti biasanya. Si Raring berubah menjadi sangat lambat. Gusar, galau saya derita saat itu juga. Udah coba berbagai cara dan browsing di internet masih saja hasilnya nihil. Yaudah, kayaknya ini harus di inul (baca: install ulang) OS nya. Ah tidak Raring udah nyaman banget dengan GNOME Shell versi 3.8, ini adalah versi GNOME Shell yang sangat stabil dengan Raring di lepi ini saya ga rela kalo di replace ama yang lain 😦 Tapi mau gimana lagi, meskipun di inul pake distro yang sama repository nya udah ga ada. Ok. Tanpa berpikir lama-lama saya pun memutuskan dengan cepat untuk memilih di inul, mengingat sedang menyusun Tugas Akhir juga, jadi ga mau larut di masa lalu bersama Raring yang udah ninggalin saya gitu aja. Kembali ke topik, Distro yang saya pilih jatuh pada Vivid, ubuntu 15.04. Suka aja dengan angka 4, karena suka JKT48. 😀

gw dan vivid

Setelah selesai instalasi sistem, saya coba install Bluefish editor kesukaan. Kalo kata temen sih suka error kalo bluefishnya udah di pake. Coba saya buktikan ternyata No Error. Berarti ini Vivid emang udah stabil banget, semua dependensi yang dibutuhkan terpenuhi. Kalo pun ada error di bluefish pasti karena GTk nya versi dulu. Untuk fixed error nya bisa coba install GTk versi 3.x.

gw dan bluefish

Alhamdulillah ga ada masalah menyankut OS apa yang digunakan dengan tugas-tugas kuliah, apapun tugasnya dari dosen saya kerjakan di mesin Linux. Kalo diingat-ingat saya pernah beberapakali ganti distro, pernah menggunakan Slackware (biar keliatan master gitu), pernah juga pake Debian tapi diganti sama Ubuntu dual boot dengan BackTrack, ya maklum waktu semester 2 itu cupu-cupunya pengen jadi hekel 😀 pada akhirnya BackTrack dihapus setelah 1 tahun setengah menemani hari-hari yang penuh dengan action dunia maya (feel like Takagi Fujimaru. Haha), sampai saat ini saya hanya menggunakan 1 (satu) OS saja di lepi.

Selamat tinggal Raring ft. GNOME 3.8. Selamat datang Vivid ft. GNOME 3.14.4 🙂

Leave a Reply

