Keamanan Bermedia Sosial

Social Network adalah salah satu Teknologi Informasi (tidak bisa di bantah lagi). Semua yg kita tulis merupakan informasi bagi pembaca. Informasi yang bermanfaat ataupun yang hanya sekedar mengarang, tetap saja orang bisa baca dan meng-capture-nya. Terkadang kita tidak sadar menulis sesuatu, yaitu tentang “masalah pribadi”. Sehingga orang membaca dan tau keadaan orang tersebut.

Terutama cewek, biasanya jarang/sering meng-Update status/ngeTwit setiap kali dalam kondisi apapun. Lalu, apa masalahnya? Nah pertanyaan ini saya gak bisa jawab. Hahha….. *ngetes biar gk terlalu ciyus*. Dunia maya saat ini merupakan bagian dari informasi yang ada di dunia nyata boleh jadi bagian dari kehidupan anak gahol sekarang. Dengan mudahnya kita mengirim sebuah informasi di satu media dan seluruh alam dunia mengetahui apa yg kita kirim/informasikan. Meski beda bahasa? Google translate bisa membantu. Subhanallah.. Tidak dapat di bantah pula, kejahatan dunia maya (Cyber Crime) selalu terjadi layaknya di dunia nyata. Disebabkan oleh “informasi”.

Ketika berhadapan dengan dunia maya, jangan harap data pribadi aman misal alamat, foto, vidio, dll. Nah dari info inilah cyber crime terjadi. Ambil contoh, alamat. Di jejaring sosial kebanyakan orarg menuliskan kolom alamat, hati-hati~ ini juga bisa jadi celah timbulnya modus kejahatan dunia maya atau yang tadi sebut cyber crime. Bagaimana? Kok bisa ada cyber crime dari hanya menuliskan “alamat”?

Sebut saja namanya Hohoy, dia tinggal di tasik, pokoknya alamat di tulis lengkap sampai RT/RW nomor rumah, nomor baju/celana/sepatu *hehe. Nah ketika si Hohoy ini akan pergi ke garut dia update status di jejaring sosial seperti ini: “OTW garut nih sama keluarga..” Jika tulisan ini terbaca oleh “pelaku” apa yang terjadi? “pelaku” akan meng-eksploitasi [memanfaatkan] situasi ini. Dia buka profil si Hohoy dan liat rincian alamatnya. Nah loh… mau gimana? Operasipun dilakukan oleh si “pelaku” di rumah Hohoy, pada saat itu juga.

Informasi semisal foto, video dan yang lainnya pun sama. So, hati-hati 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s