Pentingnya Backup Data

Musim TA nih? Skripsi, Studi Kasus, PPL dan yang lainnya.

Ada beberapa pertanyaan.
Sudahkah menyalin/backup datanya?
Apa yakin tidak akan terjadi sesuatu dengan hardisk komputernya?
Apa yang akan terjadi jika suatu waktu hardisk komputer rusak padahal Kamu sedang mengerjakan TA atau Skripsi atau semacamnya?

Berhati-hatilah karena (mungkin) banyak kejadian yang tak terduga, misal: Hardisk rusak/bad sector; Semua partisi hardisk berikut isinya terinfeksi virus, apalagi pengguna proprietary, rentan banget kena virus. Jangan seperti yang ada di meme komik ini, saat mau mengumpulkan PPL hardisknya malah rusak dan lebih fatal lagi tidak ada backup-an nya.

backupitpenting

Kalau sudah terjadi, ya sakitnya tuh disini (nunjuk ke dada).
Seiring perkembangan IT yang sangat pesat, barangkali tahu sesuatu tentang atau pernah dengar Cloud Storage atau bahasa bakunya komputasi awan? Arti singkatnya layanan untuk menyimpan data secara online atau menyimpan data di komputer-di internet yang terintegrasi dan tersinkronisasi yang dapat diakses melalui berbagai plaform dan perangkat, PC atau perangkat smartphone. Orang IT atau bukan tetap harus mengetahui tentang ini. Karena dengan fasilitas ini Kamu tidak perlu mem-backup data menggunakan perangkat keras ditangan. Seperti CD/DVD, Flash Disk atau Hardisk Eksternal yang harganya menguras dompet. Cukup dengan terhubung ke jaringan internet dan Kamu bisa backup data dengan cara mengunggah/upload datanya.

Berikut ke 5 deretan layanan Cloud Storage Gratis yang bisa Kamu gunakan untuk backupdata.

1. Google Drive
Siapa tidak kenal dengan mesin pencari ini? Google. Selain berfungsi sebagai mesin pencari, Google memiliki banyak fasilitas diantaranya Google Drive, layanan penyimpan data online. Google menyediakan kapasitas sebesar 15 GB/user. Untuk menggunakan layanan ini, Kamu cukup memiliki akun GMail (Google Mail). Silahkan ke laman GDrive untuk mengetahui yang lebih rinci.

2. DropBox
Layanan Cloud Storage yang menyaingi GDrive ini menyediakan kapasitas 2GB. Lebih rincinya silahkan ke laman DropBox.

3. iCloud
Buat Kamu pengguna produk Apple tentu tahu dan memiliki akun iCloud. Yup! Layanan Cloud Storage ini yang bisa digunakan oleh perangkat dari Apple seperti Mac, MacBook, iPhone, iPad. Namun sekarang layanan iCloud telah dibuka untuk umum, platform yang didukung diantaranya Mac, iOS, Windows. iCloud menyediakan kapasitas sebesar 5 GB.

4. SkyDrive
Microsoft pun memiliki layanan Cloud Storage yang dinamakan SkyDrive. Dukungan platformnya Windows, Mac, WindowsMobile, iOS dan Web. Besar kapasitasnya 7 GB.

5. Mega
Atau ingin kapasitas yang lebih banyak lagi dan gratis. Mega jawabannya.Mega.co.nz menyediakan kapasitas untuk satu akun/user sebesar 50 GB. Mungkin setengah data di hardisk bisa di backup ke Mega.co.nz.

Dan masih banyak lagi layanan Cloud Storage gratis.

Pastinya setiap mahasiswa memiliki data pribadi yang sangat penting yang harus dijaga apalagi data Skripsi. Bahkan yang bukan seorang mahasiswa pun memilikinya, mungkin juga mereka mengandalkan layanan Cloud Storage dalam hal mem-backup data. Disamping murah juga tidak berat, karena perangkatnya tidak kita bawa dan cukup instan karena jaringan internet di hampir seluruh indonesia sudah tersebar Hotspot gratis yang dapat diakses oleh siapapun.

So, tunggu apa lagi? Buruan backup datanya sebelum hal diatas terjadi.

“Karena Data itu emang penting, apalagi backup data itu lebih penting.”

(meme: nyankod)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s